This page looks best with JavaScript enabled

Hello World

 ·  ☕ 2 min read

Halo,

Ini adalah ‘real’ post pertama di arik.blog dengan menggunakan Hugo. “Hello World” ditulis masih menggunakan code editor (Atom) karena saya masih belum terbiasa dengan NetlifyCMS menjadi sistem manajemen konten untuk blog ini.

Tidak banyak sih yang ingin disampaikan pada Hello World ini, cuma ingin menyampaikan breakdown teknologi yang digunakan untuk membangun arik.blog

Hugo

arik.blog adalah static site dan saya memilih Hugo sebagai static-site generator dibalik blog ini. Kenapa bukan Gatsby atau yang lainnya? Soalnya install Hugo paling gampang dan Golang adalah salah satu bahasa program yang otak saya paling ngerti. Itu aja.

Netlify

Kedua ada Netlify sebagai backend untuk build & deploy dari blog ini. Bisa disebut juga sebagai hostingnya sih.

Github

Github digunakan untuk menaruh repository (repo) dari blog ini. Sayangnya, saya tidak membuat repo-nya public, bukan karena takut dihack tapi karena commit yang saya buat dibuat dengan sangat sembarangan. Malu kalau commitnya dilihat orang lain 😓

Git LFS + Netlify Large Media

Sederhananya, teknologi ini mengubah gambar jadi ‘alamat’ di dalam repo. Hasilnya, build & deploy bisa lebih cepat dan ukuran repo tetap langsing. Biar lebih hemat gitu.

Atom

Ini adalah code-editor pilihan saya. Tidak ada alasan khusus sih, cuma udah sreg aja dengan desain UI/UX nya.

NetlifyCMS

Saya dasarnya bukan coder, cuma seorang writer yang kebetulan lulusan dari program studi Sistem Komputer. Nah, daripada terus-terusan nulis di code-editor yang tidak diciptakan buat nulis artikel, jadi saya menghubungkan arik.blog dengan NetlifyCMS sehingga saya cuma pilihan buat menulis di environment yang lebih writer-friendly.

Commento.io

Untuk sistem komentar, saya menggunakan self-host commento.io.

Sekian dulu sih untuk Hello World ini, semoga bisa menyelesaikan project ini sebelum April akhir April 2020 😄

Share on

Ari Kurniawan
WRITTEN BY
Ari Kurniawan
Blogger