This page looks best with JavaScript enabled

Mainterus.com Update: Satu bulan Pertama

 ·   ·  ☕ 2 min read  ·  ✍️ Ari Kurniawan

Sebulan terakhir, saya mengerjakan project pribadi untuk semester dua tahun ini. Project ini merupakan ide sejak lamaaa… banget.

Saya selalu ingin membuat sebuah situs berita seputar video game, tapi punya satu keunggulan yaitu kontennya yang singkat. Kenapa? Karena saya sendiri tipikal orang yang malas banget membaca berita yang bertele-tele.

Setelah banyak halangan mulai dari domainnya yang diblokir Kominfo hingga menemukan platform dan sistem yang tepat. Akhirnya saya merilis versi 1.0 pada 11 Juli lalu di situs IndieHacker.

Ini adalah satu bulan evaluasi dari project Mainterus.com

(disclaimer: Saya belum mencantumkan data dari tracker apapun karena baru memasang tracker sekitar 2 minggu sebelum evaluasi ini ditulis.)

TL;DR

  • Platform webnya dirasa udah tepat pakai Hugo dan Netlify
  • Pilihan tipe konten masih terlalu banyak
  • Target utama

Hugo + Netlify adalah Pilihan yang Tepat

Sama seperti blog ini, Mainterus.com dibangun menggunakan Hugo + Netlify. Pilihan yang sampai hari ini belum saya sesali.

Situsnya jadi sangat cepat untuk diakses dan karena version control-nya yang menggunakan Git, saya tidak terlalu takut jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada webnya.

Podcast + Video + Web

Saat ini, MainTerus hadir dalam banyak versi konten yaitu website, podcast dan video. Saya sebenarnya hanya ingin fokus pada dua platform yaitu web dan podcast, sementara video adalah suplemen bagi konten podcast. Tapi, seiring berjalannya waktu, saya ingin lebih fokus hanya pada satu platform saja.

Untuk memutuskan mana platform yang akan dipertahankan, diperlukan data yang valid dulu sih. Jadi, kemungkinan harus menunggu perkembangan dari project ini dulu.

Target Normal

Targetnya adalah 100 unique visitor per hari ke mainterus.com atau rata-rata 100 pendengar pada podcastnya. Jika tidak tercapai pada akhir tahun atau saat domain mainterus.com expired, maka saya akan beralih ke project lain seperti biasanya.

Share on

Ari Kurniawan
WRITTEN BY
Ari Kurniawan
Blogger