This page looks best with JavaScript enabled

Selidik-Selidik Sunda Empire

 ·   ·  ☕ 5 min read  ·  ✍️ Ari Kurniawan

Saat munculnya berita Keraton Agung Sejagat, saya sih tidak terlalu ambil pusing. Anggapnya ini mungkin cuma gerakan budaya atau another scam. Tapi, saat muncul berita soal Sunda Empire Earth Empire, lain ceritanya…

Rasanya kayak wow… ini orang ngobatnya pake apa ya? halunya tinggi banget. apakah ini semua adalah kebenaran yang ditutup-tutupi oleh secret society dunia selama ini?

Yuk ditonton dulu videonya bareng-bareng

Setelah menonton video selama 15 menit 29 detik ini, saya merasa tercerahkan bertanya-tanya seputar nilai sejarah saat SMA yang dapat 90. De Heeren Seventien apaan? Bom Hiroshima bukannya buatan Amerika ya? Loh, Pentagon lahirnya di Bandung?

Akhirnya sepanjang hari Sabtu, saya belajar sejarah lagi sambil menonton video itu berkali-kali dan ini hasilnya.

“Sunda Empire adalah Kekaisaran Matahari yang ada sejak Alexander The Great”

Alexander The Great itu adalah nama salah satu raja dari kerajaan Makedonia, sebuah kerajaan yang lokasinya di YUNANI!

Dia bagian dari Dinasti Argead yang lambangnya secara mengejutkan adalah Matahari Vergina/Bintang Vergina. Tapi…. Para sejarawan tidak pernah menyebut kerajaan ini sebagai “kerajaan” atau “kekaisaran” matahari.

Alexander The Great meninggal pada 323 SM. Lalu, apa yang terjadi di Sunda pada masa yang sama? Tidak ada catatan sejarahnya. Artinya? Kemungkinan besar, Sunda masih berada pada masa protosejarah*.

Salah satu sisa dari masa protosejarah ini Kebudayaan Buni.

Diperkirakan ada di wilayah Sunda antara 400 SM hingga abad 4 Masehi dengan bukti peninggalan berupa periuk tanah liat dan alat sehari-hari lainnya tapi tetap tidak ada catatan tertulisnya.

Protosejarah itu seperti karyawan gaib yang datang ke kantor tapi lupa absen. Beberapa orang yakin melihat dia tadi pagi, tapi catatan absennya tidak ada.

“Apa Itu De Heeren Seventien? Adalah Panitia 17 sejak Perang Dunia Kedua”

Sebenarnya agak bingung saat Pak Rangga menyebutkan istilah ini, dalam hati: “The Heron Seventeen? Ada Hubungannya sama Mesir Kuno nih?”

Anjing Bingung

Tapi, ternyata yang dimaksud adalah De Heeren Seventien. Duh.

De Heeren Seventien atau bahasa Indonesianya “Dewan 17” ini adalah semacam jajaran direksinya VOC. Itu loh, kongsi dagang Belanda yang valuasinya melebihi Apple+Google+Coca Cola.

Dulu, jajaran direksi ini mencapai 60 orang, tapi lalu kerajaan Belanda berpikiran: “Enam puluh orang buat ngurus kongsi dagang kayaknya bakal bikin ribet”, makanya anggotanya dipangkas dan tinggal 17 orang aja.

Tapi, VOC sendiri udah bangkrut pada 31 Desember 1799 dan punya hutang 136,7 juta gulden. Itu berapa? Pokoknya banyak banget. Kalau VOC bangkrut, jadi De Heeren Seventien juga harusnya udah bubar. Gak mungkin dong, ada jajaran direksi tanpa ada perusahaan.

Lalu, dihubungin lagi sama Perang Dunia II.

  1. Belanda gak ikut Perang Dunia II. Ya, walaupun mereka di invasi sama Nazi, tapi mereka netral selama Perang Dunia II.
  2. Perang Dunia II itu baru terjadi 1939-1945, sekitar 200 TAHUN sejak VOC bubar.

“Perang Bom Hiroshima tidak ada yang mengaku, sekalipun itu sekutu”

Em… Itu pak, udah dijawab loh. Bom Hiroshima itu dijatuhkan oleh pihak sekutu, bom ini dibuat sama Paman Sam dan dijatuhkan berdasarkan surat perintah yang ditanda tangani oleh James I. Hopkins, Jr.

“Ah bohong itu, gak tau sejarah kamu!”

Ini loh bukti suratnya, bisa di cek disini.

“Siapa Itu De Heeren Seventien? Itu adalah Vatikan, Paus Paulus yang pada hari ini masih menjabat.”

No comment deh. Udah dijelasin tadi, baca aja lagi yang diatas.

Sekedar tambahan info aja, Vatican City baru ‘diakui’ sebagai city-state oleh Italia pada 1929, saat om Benito Mussolini menjabat jadi perdana menteri. Itu loh, perdana menteri beraliran fasis yang bertemen sama om Hitler.

Jadi, sebenernya aneh aja kalau De Heeren Seventien, Vatikan dan Sunda ternyata ada hubungannya.

Oh ya, satu lagi, The Pope saat ini adalah Paus Fransiskus, bukan Paus Paulus. Paus Yohanes Paulus II wafat pada 2005 lalu, kemudian digantikan oleh Paus Benedict yang kemudian digantikan oleh Paus Fransiskus sejak 2013 sampai saat ini. Jadi ya…

“PBB lahir di Bandung.”

Oke gini. Pembentukan PBB dimulai dari sebuah konferensi di bulan April 1945. Apa yang terjadi di Indonesia pada masa ini? Kita masih dijajah oleh Jepang dengan janji-janji manis bahwa suatu hari Indonesia akan merdeka.

Dengan fakta ini, negara Indonesia bahkan belum ada saat PBB sedang dalam masa pembentukan.

PBB terbentuk secara resmi pada bulan Oktober 1945 dimana sebagian besar anggota pertamanya menandatangi Charter of United Nations. Di saat yang sama, apa yang terjadi di Indonesia?

Kita baru merdeka selama 2 bulan dan arek-arek Suroboyo sedang bersiap menghadapi salah satu pertempuran paling terkenal di masa revolusi yaitu Battle of Surabaya.

Satu-satunya ‘aliansi’ internasional yang DIMULAI di Bandung adalah Gerakan Non-Blok. Yap, DIMULAI bukan DIBENTUK. Konferensi Asia-Afrika tahun 1955 adalah sebuah konferensi yang memulai ide awal pembentukan Gerakan Non-Blok.

Peresmian Gerakan Non-Blok terjadi di Yugoslovakia pada 1961.

“Pentagon Lahir di Bandung”

facepalm Panda

Ini sih super absurb.

Buat kalian yang belum tau, The Pentagon itu bukan organisasi, itu adalah nama sebuah gedung yang bentuknya segi lima alias pentagon.

Tapi, memang “Pentagon” biasanya digunakan untuk menyebut satu kesatuan dari Pertahanan Amerika termasuk Departemen Pertahanan dan Militernya.

Pentagon ini seperti kalau kita mulai menyebut Gedung KPK sebagai “Menara Merah-Putih”. Dan kemudian wartawan mulai menulis judul berita seperti:

“Tersangka Korupsi Kini Ditahan di Menara Merah-Putih”

“Menara Merah-Putih Perintahkan Pencekalan Tesangka Korupsi”

Oke, kembali ke Pentago. Gedung ini ditempati oleh Departmen Pertahanan Amerika Serikat (DOD).

DOD memang baru dibentuk pada 1947.

"Nah, bener kan, mereka minta ijin dulu sama Sunda Empire sebelum pembentukan Pentagon! Jadi, Pentagon lahir di Bandung!"

Em… tidak juga sih pak. Jadi, sebelum pembentukan DOD. Departemen ini sebenarnya sudah ada, hanya saja namanya adalah War Departement yang sudah ada sejak 1789.

Dibawah perintah presiden Amerika Serikat waktu ini, Hary Truman, dibentuklah sebuah sistem yang lebih mudah dengan pembentukan DOD.

Sebelum pembentukan DOD, semua cabang militer: angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara melapor langsung pada presiden.

Tapi, dengan pembentukan DOD, cabang militer melapor langsung pada Sekretaris Pertahanan yang kemudian melapor langsung pada presiden.

Share on

Ari Kurniawan
WRITTEN BY
Ari Kurniawan
Blogger